Thursday, January 25, 2018

6 Cara Merawat Laptop Yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah



 

6 Cara merawat laptop - Halo semuanya pengunjung setia Iblogku, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara merawat laptop. Jadi nanti kamu yang mempunyai laptop, semuanya akan bisa merawat sendiri, karena ini memang ditujukan untuk merawat laptop yang sederhana-sederhana saja. Jadi anda tidak perlu datang ke tempat servis komputer hanya untuk membetulkan hal yang sebenarnya bisa anda lakukan sendiri di rumah.

 

Beberapa cara yang akan saya jelaskan atau jabarkan ini, cara merawatnya kalian tidak perlu membuka mesin laptop, jadi hanya bagian luar yang bisa semua pengguna laptop lakukan, walaupun hanya dari luarnya saja hal hal berikut ini penting. Tentu dengan menerapkan panduan artikel ini, Insya Allah akan membuat laptop anda semakin awet dan memperpanjang masa pakai.

Ibaratnya sedia payung sebelum hujan, jadi silahkan sahabat terapkan beberapa cara merawat laptop sebelum membawa laptop ke tukang service, artinya laptop kalian rusak.

 

Cara merawat laptop agar lebih awet

 

1. Membersihkan laptop dari debu
Yang pertama agar latop kalian tidak mudah rusak, kalian harus membersihkan laptop dari debu. Sebenarnya tidak hanya debu, kotoran lain yang menjadi penyebab rusaknya komponen laptop juga harus dibersihkan.

Kerusakan pada laptop yang biasanya rawan dari penyebab debu adalah tombol keyboard. Yang biasa kerusakannya adalah tidak berfungsinya beberapa tombol keyboard.

Untuk cara pembersihannya, biasanya menggunakan air semprotan yang tersedia di penjual laptop untuk dibeli. Kemudian semprotkan pada bagian kotor laptop dan di lap (basuh) dengan kanibu atau kain kering.

 

 

2. Jangan menggunakan laptop diatas kasur
Cara merawat laptop yang kedua adalah anda tidak boleh menggunakan laptop diatas ranjang atau kasur anda, lebih tepatnya anda tidak boleh menaruh laptop anda dan bersentuhan langsung dengan kasur anda.

Karena jika anda menaruh laptop dan bersentuhan dengan kasur anda, maka sirkulasi udara yang terdapat pada laptop anda menjadi tidak lancar, karena udara yang dikeluarkan oleh laptop anda akan tertahan dengan adanya kasur anda.

Sehingga udara pembuangan yang seharusnya dikeluarkan oleh laptop anda, malah menjadi masuk kembali ke dalam badan laptop, ini akan menjadikan laptop anda menjadi lebih cepat panas.

Jika hal ini sering kali terjadi maka sudah dipastikan komponen komponen pada laptop anda akan menjadi cepat rusak. Untuk itu ubahlah kebiasaan buruk anda menaruh laptop diatas kasur mulai dari sekarang juga...

 

 

3. Jangan mengetik terlalu kasar
Selain dari debu, keyboard juga sensitif dengan tekanan jari yang kasar. Akibatnya tombol pada keyboard tidak bisa digunakan karena kerusakan pada 'per' tombol. Untuk itu jika anda biasanya sering mengetik dengan cukup kasar, apalagi ketika bermain game yang menantang, sehingga membuat anda kesal, lalu melampiaskannya pada keyboard laptop anda, maka sudah dapat dipastikan nantinya akan ada tombol tombol yang mulai rusak, baik itu mendem, copot, dan kerusakan lainnya.

Maka dari itu, anda harus mengetik dengan hati hati dan lembut.

 

 

4. Jangan mencopot baterai ketika digunakan di rumah dan memberi arus langsung dari listrik

Jika kalian menggunakan laptop dengan arus langsung dan mencopot baterai, maka ketika listrik mati laptop akan mati serta terdapat kerusakan atau kebakarnya komponen dalam laptop (karena arus langsung yang terlalu deras tadi).

 

 

5. Copot charger baterai ketika penuh

Banyak kejadian menggunakan laptop sambil di charger, menurut saya itu tidak masalah. Namun kalau sudah penuh (100%) lekas copot charger dari laptop, karena ini kebanyakan penyebab dari baterai laptop soak (rusak). Selain dapat membuat baterai laptop anda menjadi soak atau rusak, chargeran anda pun juga dapat terkena dampak negatifnya.

Jika anda tidak mencopot charger baterai anda, maka charger baterai anda menerima arus listrik terus menerus, padahal laptop anda sudah tidak membutuhkannya, ini dapat memicu adanya korsleting listrik. Apalagi jika cuaca di luar sedang hujan lebat. Ini menjadi sangat bahaya jika ada petir yang menyambar rumah anda, maka akan terjadi korsleting listrik, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi kebakaran.

Seram kan? Anda juga bukan merugikan diri sendiri, orang lain di sekitar anda pun juga dirugikan oleh anda, jika adanya kebakaran, baik itu keluarga anda maupun tetangga anda. Bisa jadi kebakaran tersebut menyambar ke rumah tetangga anda, bahaya banget kan???...

 

 

6. Jangan gunakan berlebihan
Banyak sekali orang yang melupakan cara terakhir ini, apalagi jika ia adalah seorang gamers. Biasanya seorang gamers ketika di depan laptop atau pun komputer, pastinya akan menghabiskan banyak sekali waktu untuk memainkan game nya, sehingga laptop anda terkena dampak negatifnya.

Apalagi jika game anda termasuk game berat, jika anda memainkan game berat dengan jangka waktu yang cukup panjang pastinya akan membuat komponen pendukung yang berada di dalam laptop anda menjadi overheat, sehingga jangan heran jika nantinya ada beberapa komponen yang rusak.

Menggunakan laptop berlebihan juga dapat mempersingkat masa pakai laptop, sehingga sebaiknya gunakan secukupnya.

 

Nah itulah ke 6 cara merawat laptop yang bisa kalian semua lakukan. Anda harus melakukan semua cara tersebut dengan baik dan benar, jika anda biasanya melakukan kebalikan dari cara merawat laptop diatas, maka ubah lah kebiasaan buruk tersebut menjadi lebih baik.

Mungkin anda belum berasa sekarang efek negatifnya, namun beberapa bulan ke depan pastinya laptop anda mulai memperlihatkan sedikit perubahan perubahan ke arah negatif.

 

Semoga tips dari artikel ini bermanfaat untuk sahabat Iblogku. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon