Wednesday, January 24, 2018

Cara Mempercepat Dan Mengatasi Komputer Yang Lemot



 

Cara mengatasi komputer lemot – Halo semuanya pengunjung setia blog Iblogku. Pada kali ini saya kembali sharing seputar teknologi kepada anda semua, yang akan saya bahas pada hari ini adalah cara mempercepat komputer yang lemot dan cara mengatasi komputer yang lemot.

 

Pernah kah anda menjadi marah marah karena komputer atau laptop terasa lambat dan sering lag? Jangan marah-marah, karena hal itu tidak akan membuat laptop sembuh dari penyakit lemotnya. Sekarang yang kalian butuhkan adalah tutorial untuk mempercepat dan mengatasi komputer yang lemot. Untungnya kalian datang ke tempat yang tepat, karena kali ini saya akan membahas terkait cara mengoptimalkan performa komputer dan laptop kalian.

 

Apalagi jika anda sedang bermain game online seperti PUBG dan game lainnya, pastinya akan menjadi kesal sekali jika tiba tiba komputer anda menjadi ngelag dan lemot, bahkan bisa menjadi hang. Bukan hanya ketika sedang bermain game, jika anda sedang menonton film atau Youtube pastinya juga akan kesal dan marah jika komputer anda tiba tiba ngelag dan lemot.

 

Solusi dan Cara Mengatasi Komputer yang Lemot

 

1. Tambah Kapasitas RAM dan Harddisk
RAM serta hard disk merupakan 2 komponen hardware yang sangat penting dalam sebuah laptop. Keduanya memiliki fungsi dan peran masing-masing yang jika salah satunya terganggu akan menyebabkan kinerja yang tidak optimal. RAM berperan memproses data sementara sebelum diteruskan ke prosesor.

 

Apabila RAM melakukan perhitungan yang salah ataupun lambat dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini akan berdampak besar pada kecepatan kinerja komputer. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhitungkan kapasitas dan kecepatan RAM yang ideal untuk sebuah laptop. Sedangkan hard disk berperan sebagai tempat kita menyimpan berbagai data.

 

Sebagai sebuah storage, tentu hard disk mempunyai kapasitas yang terbatas. Dan apabila hard disk ini sudah penuh, maka ia akan bekerja lebih lambat daripada sebelumnya sehingga juga berdampak pada kinerja hardware yang lain. Utamakan memakai hard disk dengan kapasitas memadai paling tidak diatas 500GB.

 

2. Bersihkan File Sampah dan File Sementara di Recycle Bin
Tidak hanya di dunia nyata, sampah ternyata bisa muncul di dalam komputer lho. Sampah yang dimaksud disini adalah berbagai file tidak berguna ataupun file sisa dari proses uninstall sebuah aplikasi. Akan buruk jika kita tidak pernah membersihkan file sampah tersebut, karena jika sudah menumpuk mereka akan membuat storage penuh. Ada banyak aplikasi yang bisa dengan mudah kalian gunakan gunakan untuk membersihkan file sampah contohnya saja CCleaner.

 

Selain file sampah, ada juga yang namanya temporaly file (file sementara). Ini merupakan jenis file yang sifatnya sementara, biasanya merupakan hasil dari downloadan yang belum selesai atau file yang dihapus kemudian masuk ke recycle bin. Selalu biasakan untuk mengecek folder recycle bin secara berkala agar file ini tidak menumpuk dan memenuhi hard disk. Tips ini sangat jitu untuk mengatasi komputer yang lemot.

 

3. Hapus dan Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan
Software memang bagian penting dari sebuah laptop, ini adalah sebuah program yang bisa kita gunakan untuk menjalankan berbagai perintah dan pekerjaan. Ada ribuan aplikasi yang bisa kalian coba diluar sana. Namun disarankan bagi pengguna komputer untuk menginstall aplikasi secukupnya saja. Laptop yang memiliki software terlalu banyak akan menyebabkan kinerjanya lambat dan sering mengalami lag. Pilih aplikasi yang menurut kalian penting saja dan uninstall software yang tidak berguna agar performa laptop lebih kencang dan ringan.

 

4. Lakukan Scanning Virus dan Malware Secara Berkala
Virus dan malware merupakan bentuk ancaman berbahaya bagi para pengguna komputer dan laptop. Mereka bisa menyerang dari mana saja dan jika sudah menjangkit akan menyebabkan berbagai masalah serius. Mereka bisa saja merusak berbagai data penting yang kalian miliki, selain itu virus juga merupakan salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lambat.

 

Oleh karena itu penting bagi kita untuk menginstall antivirus dan melakukan scanning secara berkala. Ada banyak sekali software antivirus yang bisa kalian coba, jika kalian bingung saya sarankan untuk mencoba Avast dan SMADAV untuk proteksi tambahan. Hal ini akan membuat komputer kalian lebih aman dari serangan virus dan malware serta tidak lemot lagi. Bukan hanya melakukan scanning dengan antivirus, lakukan juga update secara berkala pada software antivirus anda.

 

5. Minimalkan Penggunaan Software Tidak Penting
Aplikasi yang kita jalankan di komputer akan memakan sebagian kapasitas RAM yang tersedia. Jika hanya menjalankan satu atau dua aplikasi sekaligus mungkin tidak berdampak besar. Namun jika kita menjalankan banyak aplikasi sekaligus, tentu hal ini akan menguras RAM sehingga mereka akan saling berebut.

 

Jika tidak cukup ruang bebas di RAM maka laptop akan mengalami lag dan lemot yang menyebalkan. Salah satu cara untuk mengatasi komputer yang lemot adalah dengan mengurangi penggunakan aplikasi tidak penting secara bersamaan. Hal ini akan membuat komputer bekerja lebih ringan dan cepat daripada sebelumnya.

 

Sekian tips dan trik serta cara mempercepat dan mengatasi komputer yang lemot. Semoga setelah membaca artikel ini kalian bisa mempercepat kinerja laptop kalian. Jangan biarkan komputer mengalami lag ataupun crash karena tentu akan mengganggu pekerjaan kalian. Jika ada tips menarik lainnya terkait cara mengoptimalkan performa laptop, silahkan bagikan di komentar.

 

Mungkin itu saja yang dapat Iblogku bagikan pada hari ini, sekian, terima kasih, dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon