Tuesday, January 9, 2018

Ingin Sukses Memasarkan Bisnis ke Sosial Media? Pahami 5 Dasar Berikut Ini



 

Tahukah anda, berapa jumlah pengguna sosial media ternama seperti Facebook, Twitter, dan Instagram?. Tercatat sekitar 2 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook sebagai jalur komunikasi. Sementara itu, berdasarkan data kuartal pertama di tahun 2018 ini, Twitter memiliki jumlah pengguna sekitar 328 juta.

Lantas, berapakah pengguna Instagram? Jawabannya adalah sekitar 700 pengguna. Jika dilihat dari kacamata bisnis, jumlah angka-angka tersebut tentu saja menggambarkan pangsa pasar yang cukup potensial. Dengan beberapa strategi yang tepat, seharusnya media sosial bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan.

Bagi anda yang mungkin tertarik ingin terjuan bisnis online ke sosial media, simaklah beberapa strategi memaksimalkan akun sosmed untuk kebutuhan bisnis berikut ini.


  1. Tetapkan tujuan bisnis & sesuaikan kontennya


Sebelum terjun ke dunia bisnis di media sosial, alangkah baiknya anda menetapkan tujuan terlebih dahulu. Maksudnya, anda dituntut untuk memilih platform mana yang ingin menjadi target, apakah Instagram, Twitter, ataupun Facebook sebagai media pemasaran produk.

Setiap sosial media mempunyai ciri khas masing-masing, sehingga konten yang digunakan juga harus disesuaikan. Tidak boleh semua media sosial dipukul rata lho ya, poin ini sangat penting untuk diperhatikan.

- Facebook: Biasanya orang-orang memanfaatkan Fanspage atau FP sebagai media promosi bisnisnya. Hal ini lumrah, mengingat banyaknya orang yang bisa mengikuti kita. Berbeda dengan profil fb yang dibatasi hanya 5.000 teman saja. Sedangkan FP, bisa sampai berjuta-juta.

Agar lebih mantap, biasanya pebisnis online memanfaatkan iklan fb ads.

- Twitter: Platform media sosial ini biasa digunakan untuk menyebar berita viral. Ada keterbatasan karakter yang bisa anda posting, berbeda dengan Facebook yang tidak terbatas.

- Instagram: Ketika anda berniat untuk terjun ke dunia bisnis Instagram, anda harus menyiapkan foto atau video yang berkualitas. Pasalnya, pengguna selalu tertarik dengan akun-akun yang memiliki koleksi video dan foto-foto keren.

  1. Pahami karakter target pembeli


Jika anda sudah memutuskan ingin berjualan dimana, sekarang saatnya mencari target penjualan atau konsumen. Carilah akun-akun yang sekiranya mau membeli produk anda. Follow mereka, dekati secara perlahan, jadikan lebih akrab, ketahui kapan mereka paling aktif, dan postingan seperti apa yang mengundang mereka mau interaksi.

Setelah itu, secara perlahan anda bisa melakukan soft selling. Proses ini membutuhkan waktu cukup lama, namun jika anda sudah berhasil menguasainya pasti akan sangat mudah untuk memasarkan produk anda.

  1. Posting gambar beresolusi tinggi


Untuk menarik lebih banyak interaksi target konsumen, alangkah baiknya anda senantiasa memposting gambar-gambar produk yang beresolusi tinggi. Gambar yang tajam dan cerah, membuat produk anda lebih unggul dimata konsumen.

  1. Manfaatkan hastags


Setiap kali memposting foto, video, artikel, ataupun produk anda, maka jangan lupa menambahkan hastags. Ada banyak sekali manfaat dari penggunaan hastags, mulai dari mengikuti trend yang tengah ramai diperbincangkan, memperkuat brand produk, sampai membuat kategori postingan anda.

Carilah hastags yang sedang ramai diperbincangkan, manfaatkan hastags tersebut supaya postingan anda lebih banyak dilihat pengguna.

  1. Konsisten


Setelah anda menerapkan 4 tips diatas, namun belum juga berhasil, janganlah menyerah. Anda butuh yang namanya konsisten agar usaha anda tidak sia-sia ditengah jalan. Evaluasi apa sih yang sekiranya belum maksimal? Perbaiki kualitas akun sosial media anda terus menerus.

Siapa yang konsisten, kemungkinan besar juga akan berhasil.


EmoticonEmoticon