Thursday, January 25, 2018

Waspada! Inilah 4 Malware yang Paling Berbahaya di Tahun 2018



 

Setiap tahunnya kejahatan di dunia maya semakin canggih. Di tahun 2018 ini, serangkaian serangan siber masih tetap akan terjadi bahkan ada yang membutuhkan penanganan khusus. Maka dari itu, anda diharapkan tetap waspada akan kejahatan siber.

Mengutip dari, Direktur Sistem Teknik Symantec Indonesia dan Malaysia, Andris Masengi selaku Country Manager Symantec Indonesia dan David Rojoo, keduanya mengungkapkan beberapa serangan siber yang mungkin saja terjadi di tahun 2018.

Dampay yang diberikan jauh lebih besar, pasalnya peretasan yang terjadi menyalahgunakan fungsi dari kecerdasan buatan.

Berikut ini prediksi Symantec terkait serangan siber pada tahun 2018 nanti.

 


  1. Serangan melalui IoT


Peralatan rumah yang terhubung ke internet, seperti pengeras suara dan televisi, ternyata berisiko disusupi peretas. Peralatan-peralatan tersebut lazimnya dinamakan IoT atau Internet of things. Biasanya, pengguna IoT tidak mengubah pengaturan keamanan, padahal alat-alat tadi mempunyai akses ke jaringan rumah.

Dengan begitu, hacker bisa mengelabui sistem yang ada di alat tadi sehingga IoT bakal menuruti semua perintah mereka. Tindak seperti ini tentunya akan sangat merugikan, oleh sebab itu sebaiknya mulai sekarang kita memperhatikan keamanan IoT yang ada.

 

  1. Serangan pada blockchain


Seiring populernya cryptocurrency atau  mata uang virtual, peretasan yang dilakukan hacker mulai melirik blockchain. Para pelaku kejahatan siber akan fokus terhadap dompet koin dan pertukaran koin, memanfaatkan perangkat seluler atau komputer korban sebagai "miner".

 

  1. Malware file-less


Symantec melihat adanya pertumbuhan malware file-light dan file-less pada tahun 2016 dan 2017. Perlu diketahui, jika malware ini tidak berupa berkas, akan tetapi perintah sehingga fisiknya tidak terlihat.

 

  1. Serangan menggunakan machine learning dan artificiallearning


Pada dasarnya, machine learning dan artificial intelligence ( kecerdasan buatan ) digunakan untuk memberi perlindungan dari tindak kejahatan siber. Namun, sekarang ini penjahat siber diprediksi sudah pandai mengubah kedua alat keamanan tersebut menjadi sarana melancarkan serangan.

 

Demikianlah 4 malware berbahaya yang diprediksi akan menyerang pada tahun 2018. Malware-malware diatas tentunya akan sangat berbahaya jika tidak segera ditanggulangi, setidaknya anda sudah mengetahuinya.


EmoticonEmoticon