Thursday, February 15, 2018

Inilah 4 Gejala yang Menjadi Pertanda Komputermu Terserang Virus



Tidak jauh berbeda dengan tubuh manusia yang tengah diserang penyakit, komputer pun juga memiliki beberapa gejala ketika diserang oleh malware atau virus.

Lantas, apa sih yang menjadi tanda-tanda ketika komputer sedang diserang virus?. Simak ulasan lengkapnya berikut ini, seperti yang dikutip dari laman Make Use Of.



  1. Anti Virus Tidak Aktif

Ketika seorang maling ingin membobol rumaj, salah satu cara yang akan dia lakukan supaya tidak ketahuan mencuri yaitu menonaktifkan alarm dirumah target. Hal ini juga berlaku ketika virus akan menyerang laptop atau komputer kamu.

Beberapa jenis malware atau virus tertentu bisa menonaktifkan antivirus di komputer kamu. Sehingga, ia akan lebih bebas masuk ke dalam komputer.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya harus segera melakukan tindakan begitu antivirus tidak lagi aktif atau tidak bisa diperbaharui. Hal ini bisa menjadi pertanda, jika komputer kamu tengah diserang oleh virus berbahaya.

  1. Performa laptop

Perlu kamu ketahui, laptop atau PC yang berubah menjadi lemot itu disebabkan oleh banyak sekali hal, salah satunya adalah malware atau virus. Virus yang berhasil menyusup ke dalam komputer kamu akan menjalankan layanan atau aplikasi di background, tanpa kamu ketahui.

Sehingga tidak heran, jika performa laptop atau PC berubah menjadi lemot.

  1. File terkunci

Beberapa waktu terakhir ini, tren kejahatan siber yang sedang merajalela yaitu serangan ransomware. Virus ransomware ini sangatlah berbahaya, karena ia akan mengunci data ataupun file yang ada di perangkat korban, lalu meminta sejumlah tebusan apabila ingin membuka kembali data tersebut.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menanggulangi kejahatan ini yaitu melakukan backup file-file penting secara berkala. Kamu juga tidak perlu membayar sejumlah uang yang diminta oleh hacker.

  1. Sulit terhubung ke internet

Jaringan internet yang melambat mungkin saja menjadi hal biasa. Namun beda halnya jika kondisi ini terjadi secara mendadak, bisa saja menjadi pertanda perangkat PC atau laptop kamu terinfeksi oleh virus atau malware.

Walaupun terdengar sedikit aneh, akan tetapi beberapa jenis virus atau malware seringklai mengubah pengaturan jaringan dengan tujuan memblokir akses internet dan menambahkan proxy. Kedua hal ini dilakukan demi menghindari usaha pemilik perangkan mendownload antivirus.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu mengunduh perangkat anti-malware misalnya Malwarebytes di komputer lain, kemudian memindahkannya ke dalam komputermu yang diinfeksi lewat USB.


EmoticonEmoticon