Tuesday, February 6, 2018

Pertama di Kawasan Asia, Google Mendirikan Laboratorium Kecerdasan Buatan di Tiongkok



 

Google dirumorkan bakal membangun sebuah laboratorium kecerdasan buatan, Artificial Intelligence ( AI ) pertamanya di Asia. Negara yang menjadi tempat pembangunan laboratorium tersebut adalah Tiongkok.

Seperti yang kita ketahui, raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini telah lebih dahulu mendirikan laboratorium kecerdasan buatan mereka di beberapa kota besar, mulai dari Toronto, New Yorkl, Zurich, hingga London.

Menurut informasi yang dikutip The Verge dari Bloomberg, pihak Google berharap laboratorium kecerdasan buatannya dapat membuka lapangan pekerjaan baru di untuk menyerap lebih banyak SDM ( Sumber Daya Manusia ) lokal Tiongkok.

"Fasilitas ini mengajak para engineer lokal mendukung pengembangan kecerdasan buatan. Pihak kami berharap teknologi ini dapat diimplementasikan dengan baik tidak hanya di Tiongkok saja, namun juga di Asia," kira-kira seperti itulah tulisan Google yang tercantum pada keterangan resminya.

Google Tiongkok sendiri sudah dirumorkan merekrut beberapa calon engineer bagi kecerdasan buatannya.

Beberapa di antaranya disebut-sebut telang berpengalaman terhadap teknologi ini. Chief Scientist Google Cloud Fei-Fei Li, rencananya akan mengambil mengepalai laboratorium untuk cabang Tiongkok ini.

Google sendiri telah mengklaim sebagai salah satu perusahaan teknologi yang sangat menunjung tinggi nilai " Al First". Sehingga bisa disimpulkan, seluruh jenis teknologi yang tengah mereka kembangkan sudah pasti didukung oleh kecerdasan buatan.

Seperti yang disampaikan Sundar Pichai, selaku CEO Google, di dalam acara Google I/) 2017 belum lama ini, dunia teknologi tidak lagi berkutat kepada teknologi yang berbasis mobile nan konvensional.

Berkat perkembangan teknologi yang kian berkembang pesat, menurutnya saat ini dunia sudah berevolusi dari konsep "Mobile First" menjadi "Al First".

"Kami ingin menjadi sebuah perusahaan Al First. Dan untuk sekarang ini, nampaknya sudah waktunya Google membawa manfaat kecerdasan buatan untuk semua orang, supaya semua dapat menikmati seluruh layanan yang sudah kami sediakan," ungkap Pichai pada sesi keynotes utamanya di acara Google I/O 2017 yang diselenggarakan di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, Amerika Serikat (AS).

Dengan demikian, Google akan merancang lalu mengembangkan kecerdasan buatan tidak hanya secara spesifik bagi kalangan developer saja, akan tetapi juga untuk kalangan pengguna umum dan perusahaan korporat.


EmoticonEmoticon